Tiu Kelamu dan Pemandian Lala Jinis

Pemandian ini berada di Desa Seran Kecamatan Seteluk.. Untuk mencapai lokasi bisa dicapai dengan  kendaraan roda 2 atau roda 4 hingga diujung desa Seran. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh lebih kurang 1 km melalui hamparan sawah warga dan melintasi pinggiran hutan hingga mencapai lokasi pemandian ini. Pemandian ini merupakan pemandian yang konon katanya tempat mandinya Putri bangsawan yang tercantik di suku Sumbawa bernama “Lala Jinis”. Lala Jinis sering menghabiskan waktunya dengan bermain-main dengan para dayangnya yang selalu menemaninya kemana pun ia pergi. Air dari Pemandian ini dipercaya dapat menjadi obat awet muda dan sumber kecantikan bagi gadis-gadis yang ingin segera mendapat jodoh. Air yang mengalir di Pemandian ini berasal dari sumber mata air yang ada di pegunungan sekitarnya.Air pegunungan yang terasa sejuk dan menyegarkan ditambah rindangnya pepohonan dipinggir sungai menambah keasrian lingkungan pemandian ini yang masih alami.

Dilokasi ini dapat ditemukan batu besar mendatar serupa kasur yang konon katanya sering dijadikan sebagai tempat mandinya Putri cantik ini. Juga terdapat bekas jejak telapak kaki putri Lala Jinis yang sudah membatu. Pengunjung yang mengunjungi lokasi ini bersama-sama dengan keluarga masing-masing biasanya untuk sekedar makan bersama, ataupun bermain air di pemandian yang airnya jernih ini. Tak jauh dari pemandian ini, anda akan menempuh jalur mendaki yang lumayan curam menuju lokasi berikutnya dengan pemandangan yang tak kalah indah. Sebuah pemandian yang konon katanya tempat pemandian para raja dan pembesar kerajaan Seran. Pemandian ini diberi nama “Tiu Kelamu”. Sejuknya air bersih dari sumber mata air yang terkumpul di pemandian ini menawarkan kesegaran yang akan melarutkan segala keletihan anda bersama air yang mengalir.

Tiu Kalamu ini juga merupakan rangkaian wisata alam yang ditinggalkan dalam sejarah kerajaan Seran.     Tiu Kalamu menurut cerita merupakan tempat dimana putra–putri Raja Seran bermain bersama dayang–dayangnya. Daerah ini sangat indah dengan struktur batu dan air yang mengalir melalui batu menambah kenyamanan disana, Selain menikmati aliran–aliran  air, kita juga bisa menikmati keindahan pepohonan yang rindang menambah kesejukan dan kesegaran disana. Dengan struktur batu bertingkat – tingkat menambah panorama indah dengan air terjun kecil. Selain itu, Tiu Kelamu merupakan tempat yang sangat cocok untuk di gunakan sebagai wisata taman burung.
Tiu Kelamu sangat berkaitan erat dengan batu Lala Jinis dan Makam Raja–raja Seran. Menuju kesana dapat dicapai dengan jalan kaki dan sedikit mendaki, Waktu tempuh bila dari Batu Lala Jinis ke Tiu Kelamu kurang lebih 45 menit dan dengan jarak kurang lebih 1 Km.
Belum tersedia Fasilitas disana. Pengunjung bisa menikmati objek wisata dengan duduk–duduk diatas Batu–batu besar, Persiapkan baju ganti anda, jika anda berniat untuk mencoba sejuknya air Pemandian “Tiu Kelamu” atau “Lala Jinis” . Mau Coba?