PULAU ULAR

Pulau Ular terletak di sebelah barat P. Kenawa atau tepatnya pada koordinat 116º49’08,69” BT, 08º29’58,24” LS. Luas P. Ular 2,19 ha dan panjang garis pantainya 0,54 km. Jarak P. Ular dari daratan utama adalah 1,69 km dan dapat ditempuh selama 20 menit menggunakan speedboat. Menurut masyarakat setempat, pulau ini diberi nama Pulau Ular karena dahulu di pulau tersebut banyak terdapat ular laut.

Bentuk topografi P. Ular berupa bukit kecil yang muncul di permukaan laut dengan tepi berupa tebing yang terjal. Sekitar 80 % pantainya berupa tebing batu dan sisanya kurang lebih 20 % merupakan pantai berpasir putih dengan lebar 3 – 5 m. Tumbuhan yang terdapat di P. Ular hanya sedikit, yaitu dari golongan tumbuhan semak.

Pulau  Ular telah lama dimanfaatkan untuk menunjang transportasi laut, yaitu sebagai tempat mercusuar (lighthouse). Potensi lain yang terdapat di P. Ular adlah sebagai daerah penangkapan ikan dan wisata bahari khususnya wisata selam (diving). Terumbu karang yang terdapatat di P. Ular didominasi oleh karang keras (hard corals) dari genus acropora.