PULAU KENAWA

Pulau Kenawa terletak pada koordinat 116º49’58,98” BT,08º29’55,18” LS atau di sebelah utara Pelabuhan Penyeberangan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. P. Kenawa mempunyai luas 13,80 ha, panjang pantai 1,73 km dan hanya berjarak 1,63 km dari daratan P. Sumbawa. Perjalanan menuju P. Kenawa dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 10 menit dengan menggunakan speedboat dar dermaga nelayan Desa Poto Tano. Nama Kenawa diambil dari nama sejenis kayu bakau yang banyak tumbuh di P. Kenawa.

Topografi P. Kenawa umumnya datar pada bagian tengahnya hingga ke timur dan berbukit di bagian barat. Hamparan pasir putih terbentang dari pantai sebelah utara ke arah timur hingga sebelah selatan. Pada bagian selatan hingga ke barat terdapat vegetasi mangrove sepanjang kurang lebih 500 m, namun ketebalannya hanya sekitar 5 – 20 m, sedangkan pada ujung sebelah utara berupa tebing batu.

Pulau Kenawa merupakan salah satu dari 4 (empat) rumpun pulau di bagian utara Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano yang memiliki potensi yang sangat strategis untuk dijadikan sebagai lokasi wisata bahari. Pulau tersebut selain memiliki keindahan dan panorama alam (mangrove dan  pasir putih) juga memiliki keindahan alam laut dan ekosistemnya. Hal ini pernah dibuktikan oleh penyelam dari Departemen Pariwisata RI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas kelautan Perikanan dan Peternakan KSB dalam pemotretan dan pemantauan dasar laut pada bulan Juni 2008. Pemotretan dasar laut P. Kenawa hanya dilakukan da;lam waktu singkat/tidak mendetail, namun memperoleh gambar ekosistem dasar laut P. Kenawa yang sangat eksotis.