Gili Balu

Wisata kepulauan ini tak kalah cantik dengan Gili Trawangan ataupun Gili Meno yang ada di pulau Lombok. Dengan pemandangan alam bawah laut yang indah, segarnya pantai yang jernih dan pasir putih yang mengelilingi gugusan kepulauan kecil ini. Gili Balu (dalam bahasa Suku Sumbawa berarti “Pulau Delapan) terdiri dari 8 buah pulau-pulau kecil yang masih alami karena sebagian besar pulau-pulau ini tak berpenghuni. Berikut urutannya antara lain :

1. Kenawa
2. Mandiki
3. Paserang
4. Kambing
5. Belang
6. Ular
7. Namo
8. Kalong

Untuk mengunjungi gugusan pulau-pulau indah ini anda memiliki 2 alternatif yaitu :
1.    Speed Boat selama ± 15 menit dengan rute dari Pelabuhan Tano – Pulau Kenawa PP dengan kapasitas 10 orang Rp. 250.000 sedangkan untuk rute Pelabuhan Tano – Pulau  Paserang PP Rp. 350.000.
2.    Perahu Nelayan bisa anda sewa untuk menuju gugusan kepulauan ini, anda hanya merogoh kocek Rp. 25.000/orang.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah menjalin kerja sama dengan PT. NOP untuk berinvestasi mengelola Pulau Paserang. Untuk menghidupkan pariwisata di kepulauan ini, rencananya akan dibangun 90 cottages di kepulauan ini. Anda bisa menikmati alam bawah laut dengan olahraga snorkeling dimana perlengkapan menyelam dapat anda sewa dengan tarif Rp. 20.000/set.  Pemandangan bawah laut nan indah dapat anda nikmati setiap saat di sepanjang bulan Maret hingga Oktober setiap tahunnya.

Untuk anda yang ingin berwisata foto, adrenalin anda akan dipicu dengan banyaknya view-view cantik yang akan menambah pengalaman anda. Anda harus mengunjungi lokasi ini sepagi mungkin atau sesore mungkin, untuk mendapatkan moment-moment indah dengan gradasi warna gambar yang unik dan beragam.

Di Pulau Belang anda dapat menikmati pantai-pantai perawan dengan tumbuhan mangrove di sepanjang bibir pantai. Suguhan panorama yang lebih unik dapat anda temui disini dengan keanekaragaman hayati didalamnya. Untuk sementara waktu, bagi anda yang ingin berkunjung dan menginap di kepulauan ini anda bisa menumpang di rumah-rumah penduduk warga setempat dengan harga yang dapat anda negosiasikan dengan pemilik rumah. Anda tak perlu khawatir kantong anda menipis untuk urusan sewa menyewa ini  karena harganya yang relative murah.


Potensi yang dapat anda nikmati di gugusan pulau yang eksotis ini antara lain :
1.    Keanekaragaman  hayati yang tinggi
2.    Laguna
3.    Pantai berpasir putih
4.    Mangrove dan terumbu karang
5.    Pemanfaatan kawasan untuk jasa kelautan lainnya.
lokasi  konservasi dan Navigasi (Perhubungan Laut). Dengan beberapa fasilitas penunjang bagi pengunjung ke lokasi Gugusan Gili Balu ini yaitu :
1.    Pondok Wisata : 2 buah
2.    Shelter/Berugak Wisata : 14 buah
3.    Dermaga tambat Labuh : 2 unit
4.    PLTS : 1 Buah
5.    Instalasi Air Bersih : 1 unit
6.    Jalan Wisata: 553 meter
7.    Glassbottom boat : 1 unit
8.    Sampan pengangkut air tawar : 3 buah
9.    Hatchery : 1 unit
10.    MCK : 1 unit
11.    Pos Jaga : 2 unit
12.    Pintu Gerbang/Gapura : 1 buah


Bila anda berkunjung ke daerah kepulauan ini anda harus mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk bekal makanan dan minuman karena di pulau-pulau ini belum tersedia tempat-tempat makan atau pun belanja untuk memenuhi kebutuhan anda. Anda juga harus mempersiapkan P3K dan kelengkapan-kelengkapan lainnya karena yang anda hadapi adalah alam yang belum begitu terbiasa berinteraksi dengan manusia.