Transportasi Ke KSB

Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi pariwisata yang cukup  menjanjikan untuk ditelusuri. Tak sedikit tempat menarik yang layak untuk dijadikan salah satu destinasi wisata unggulan bagi para tourist asing maupun local yang ingin mendapat pengalaman berbeda disetiap kunjungannya.

Beberapa alternatif jasa layanan transportasi yang dapat anda manfaatkan menuju Kabupaten Sumbawa Barat antara lain yaitu melalui jalur darat ; anda bisa memanfaatkan Bus-Bus Penumpang dari Pelabuhan Lembar atau bila anda ingin lebih bebas untuk berekspresi dan hemat anda bisa memanfaatkan Sepeda Motor. Tarif Bus Penumpang dari Pelabuhan Lembar Ke Terminal Bertais sekitar Rp. 20.000/orang.

Bagi anda yang tidak berminat lewat jalur darat, Kabupaten Sumbawa Barat dicapai dengan Pesawat Udara ke Bandara BIL (Bandara Internasional Lombok) di Lombok Tengah. Dari Bandara Internasional Lombok dapat menggunakan beberapa jasa transportasi alternatif, antara lain taxi bandara dan bus resmi yaitu Perum Damri, selain itu tersedia juga angkutan umum seperti mobil travel dan minibus untuk menuju Terminal Bertais atau pull dari beberapa PO Bus yang tersedia, seperti bus Damri, Tiara Mas, dan JTS yang memiliki trayek keberangkatan menuju ke Sumbawa Barat. Dari Terminal Bertais Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menumpang bus rute Mataram-Taliwang, berikut jadwal keberangkatan Bus Tujuan Taliwang-Mataram

Perjalanan menuju Kab. Sumbawa Barat memakan waktu 5-6 jam, dengan rincian, dari Teminal Bertais menuju Pelabuhan Kayangan sekitar 2 jam perjalanan menempuh jarak ± 70km. Penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung cuaca, dan dari Pelabuhan Poto Tano menuju Terminal Tana Mira Taliwang Sumbawa Barat dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 Menit.