Pantai Jelenga

Untuk menjangkau wilayah pantai ini diperlukan perjalanan melalui darat sejauh 7 km dari Jereweh ke barat daya dengan medan yang cukup curam. Akses jalan raya telah dibangun dengan kondisi mulus tak lagi berbatu dan terjal memudahkan wisatawan untuk berkunjung dan menikmati indahnya pantai  berpasir putih dan halus ini.

Lokasi ini telah lama dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai lokasi selancar dengan ombaknya yang tinggi dan garang serta batu karangnya yang tajam sehingga kerap disebut sebagai ombak scar reef. Event tahunan Perlombaan Selancar tingkat dunia sering diselenggarakan disini di bulan Juni-Agustus dimana musim panas dengan hembusan angin yang cukup kencang sangat mendukung lokasi ini menjadi primadona bagi para peselancar. Ombak di pantai ini terkadang mencapai ketinggian 6-7 meter tak kalah garang dengan ombak di Kepulauan Hawai di kawasan Samudra Pasifik.

Fasilitas berupa penginapan dan restaurant telah tersedia disini. Anda juga akan terpesona dengan hijaunya tumbuhan bakau yang ditanam untuk melindungi garis pantai yang mengalami kerusakan akibat abrasi oleh gelombang laut ini.