Makam Datu Seran

Ingin nuansa lain dalam petualangan anda menjelajah alam Sumbawa Barat? Makam bersejarah ini dapat menjadi salah satu pilihan anda. Selain karena memiliki nilai historis yang tinggi, makam ini juga menjadi bukti dan saksi bisu cikal bakal berdirinya salah satu Kabupaten termuda di Nusa Tenggara Barat ini.

Makam Datu Seran secara geografis berada di ujung Desa Seran Kecamatan Seteluk, Kab. Sumbawa Barat. Makam yang Nisannya terbuat dari ukiran batu dari Zaman Belanda ini telah berumur ribuan tahun. Lokasi Makam ini memiliki luas keseluruhan ± 60 M2. Kompleks pemakaman ini  sudah banyak yang tertimbun tanah akibat tergerus air. Makam Utamanya yaitu Makam Raja Seran (Datu Seran) berada pada sebuah rumah  kecil  yang  telah direnovasi oleh Pemerintah Daerah sebagai lokasi pemakaman bersejarah.

Kerajaan Taliwang dulunya terdiri dari 3 kerajaan yaitu Kerajaan Jereweh yang dipimpin oleh Raja Magaparang, Kerajaan Taliwang yang dipimpin oleh Datu Taliwang dan Kerajaan Seran yang dipimpin oleh Datu Seran.

Akses menuju pemakaman ini sedang dibenahi oleh Pemerintah Daerah setempat. Anda akan menjumpai jalur tanah pengerasan yang berpasir untuk menuju ke lokasi pemakaman yang paling bersejarah ini. Jangan lupa anda menghubungi Juru Kunci bila anda berniat berkunjung.