Gua Mumber

Desa Bangkat Monte di Kecamatan Brang Rea adalah lokasi konsentrasi utama gua-gua alam Sumbawa Barat. Tercatat belasan goa terbesar di lembah dan gunung disekitarnya dan yang paling penting besar dan terkenal adalah komplek Gua Mumber. Komplek ini terdiri atas 2 gua besar yang berdampingan tetapi dengan posisi pintu masuk dari arah yang berlawanan.

Gua pertama berpola auditorium besar dengan ketinggian langit-langit mencapai 15 meter yang terdiri atas dua lantai massa ruangan. Lantai dasar yang relative datar danrata memiliki luas sekitar 3.000 m2.

Bidang dinding peralihan antar lantai relatif terjal dengan beda ketinggian 5-8 meter dipenuhi dengan stalaktit dan stalagnit. Lantai kedua memiliki permukaan tidak rata dengan bongkahan batu kapur dalam berbagai ukuran mendominasi. Gua ini menyerupai lorong memanjang yang cenderung menyempit pada bagian ujung dalamnya. Burung wallet adalah Fauna utama penghuni kedua gua ini.

Gua Mumber menurut cerita merupakan gua peninggalan manusia purba dan di dalam gua tersebut terdapat sungai dan didalam sungai tersebut hidup Ikan Tuna yang menurut cerita umurnya sudah ratusan tahun.

 Gua Mumber terbentuk karena proses pengangkatan material dasar lautan, didalam gua terdapat batu–batu yang memiliki bentuk yang unik, stalagtit dan stalagnit yang indah. Stalagtit yang masih hidup dan mengalirkan air menambah ramai suasana disana serta membuat panorama gua lebih terpancar. Batu–batu yang memiliki keunikan, stalagtit dan stalagnit tersebut terbentuk dengan proses yang sangat lama butuh ratusan tahun. Udara yang sejuk di sekitar gua membuat pengunjung betah disana.

Gua Member terletak di Kecamatan Brang Rea, Desa Bangkat Monte. Jarak dari ibukota Kabupaten ke Bangkat Monte kira–kira 27 Km, yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dan dari Desa Bangkat Monte menuju lokasi objek dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2,5 jam, dengan jalan kaki dan dengan jarak lebih kurang 50 Km.