Desa Rarak Ronges

Bagi sebagian orang, berkunjung ke suatu daerah yang hening, sepi, dan jauh dari keramaian ditemani kicauan burung dan segarnya udara alam pegunungan menjadi sensasi tersendiri bagi anda yang menyenangkan dan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Wilayah Kecamatan Brang Rea merupakan basis bagi sector pertanian dengan menitikberatkan pada agrobisnis dan agroindustri. Di wilayah ini anda akan menjumpai rumah-rumah tradisional terbuat dari bahan-bahan kayu dan bambu, suara-suara Nisung dan Rantok yang beradu dengan Ngalu saat musim panen padi, bukit-bukit yang melatari areal persawahan milik masyarakat yang terhampar sejauh mata memandang.

Rarak dan ronges adalah dua buah dusun kecil yang berada diatas pegunungan dengan ketinggian sekitar 800 meter dpl. Berada di dataran tinggi menjadikan rarak ronges sebagai daerah yang cocok ditanami berbagai pohon buah-buahan tropis seperti durian, rambutan, dll serta sangat cocok untuk perkebunan kopi, teh, cengkeh, tembakau, lada dan vanili yang sering sering disebut sebagai emas hijau ini. Kopi luwak yang berasal dari daerah ini merupakan kopi luwak dengan kualitas terbaik yang harus anda cicipi kelezatannya.

Wilayah perbukitan rarak ronges ini juga terdapat beberapa gua alam yang masih asli dengan tampilan stalaktit dan stalagmite yang sangat indah seperti gua mombers, bidayang, selarong, liang duri dan gua bilik jangi dan beberapa gua-gua lain yang dapat anda nikmati keindahannya setiap saat.

Selain Gua, didaerah ini anda juga akan menjumpai air terjun yang terletak agak jauh dari pemukiman.  Sejuknya udara pegunungan, aneka macam cendawan, kicauan burung Sangkalawi dan kokok ayam hutan akan membuat anda terpesona oleh potensi daerah yang layak menjadi wanawisata ini.

Dusun ini dapat anda capai dengan berkendara selama 2 jam dengan kendaraan jenis Ranger yang beroperasi dari Taliwang-Rarak Ronges PP setiap harinya. Bagi anda yang hobby hiking atau trekking, anda dapat berjalan kaki selama 4 jam mendaki perbukitan yang cukup terjal ini. Atau anda dapat memanfaatkan kuda tunggangan dari Desa Bangkat Monteh ke Desa Rarak Ronges. Pemandangan alam yang ditawarkan tak akan mengecewakan anda.