Danau Lebo

Danau Lebo’ merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di Sumbawa Barat. Kawasan konservasi alam yang dilindungi oleh Negara ini ini memiliki luas ± 752 ha. Danau yang merupakan lahan basah alami daratan terluas di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini mempunyai kapasitas tampungan air mencapai 170 juta meter kubik dan menyimpan potensi sumberdaya alam yang tinggi bagi perekonomian masyarakat sekitar, di antaranya sebagai areal penangkapan dan budidaya ikan air tawar, supley air irigasi pertanian, sumber air baku rumah tangga, dan potensi kowisata.  

Bagi anda yang memiliki hobby memancing, kawasan wisata alam ini bisa menjadi pilihan anda. Sambil memancing, anda dapat mengajak keluarga anda untuk ikut serta menikmati segarnya udara pegunungan sambil makan jagung bakar atau bermain bebek air di kolam yang khusus disediakan sebagai arena bermain bagi anak-anak anda.

Fasilitas Berugak, Kamar Mandi dan aneka jajanan khas tersedia di lokasi ini. Areal parkir yang luas dan aman merupakan fasilitas lain yang dipersiapkan oleh Pemerintah Daerah untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung untuk menikmati wisata alam danau terluas di NTB ini. Lokasi yang berada di tepi jalan raya sebelum memasuki kota Taliwang ini memudahkan anda untuk mengunjunginya.

Lebo Taliwang memiliki potensi berbagai jenis flora yang merupakan vegetasi asli hutan tropis antara lain: Lita (Alstonia scholaris); Berora (Klenhovia hosvita); Ketimus (Protium javanicum) dan Bungur (Lagerstoemia indica). Adapun jenis tumbuhan air lain yang menutupi perairan Lebo Taliwang yaitu eceng gondok. Berdasarkan hasil pengamatan KSDA, kawasan hutan sekitar Lebo Taliwang menyimpan sekitar 25 jenis fauna, utamanya satwa-satwa penghuni habitat air tawar yang meliputi jenis burung antara lain : Bangau Hitam (Liconia episcopus); Itik Liar (Cairima scutulata); Kuntul Putih (Egreta egretta) serta Burung Pelikan (Pelicanedae). Jenis burung terakhir ini merupakan jenis burung migrant, yang berasal dari Australia. Babi hutan, kera abu-abu dan ayam hutan juga terdapat pada daerah perbukitan, serta berbagai jenis refptil seperti ular sanca/sawah, kura-kura dan biawak  yang berlokasi di lebo selatan.