UKM Traveling UTS dan PPMI NTB Ramaikan Pulau Kenawa

Dalam beberapa bulan terakhir rumput ilalang pulau kenawa terlihat menguning akibat musim kemarau. Walau demikian, kunjungan wisatawan ke Pulau Kenawa terus mengalami peningkatan. Terutama di akhir pekan, wisatawan pulau kenawa cukup ramai. Tidak hanya masyarakat lokal, tepi juga wisatawan yang datang dari luar Sumbawa.

Camping, sun, sea and sand menjadi tujuan utama datang ke Pulau Kenawa.  Masyarakat setempat juga mulai merasakan dampak dari kunjungan Pulau Kenawa, terutama jasa transportasi dan usaha kuliner.  

Potensi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh organisasi-organisasi pemuda untuk melaksanakan kegiatan di Pulau kenawa. Seperti yang dilakukan oleh PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia) NTB dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Traveling Universitas Teknologi Sumbawa. Selain berwisata, juga melakukan kegiatan-kegiatan terkait dengan kepariwisataan seperti diskusi, camping, penanaman pohon dan bersih pantai.

Peran pemuda dalam pembanguan dan pencitraan daerah, sangat diperlukan. Diungkapkan oleh Dede Gunawan sebagai ketua panitia pelaksanaan Jambore Pemuda NTB bahwa Jambore Pemuda ini bertujuan untuk menghimpun jaringan kepemudaan NTB untuk mengambil peran dalam pengembangan potensi pemuda NTB di setiap sektor termasuk kepariwisataan. Hal serupa juga diungkapkan oleh Lulu WS sebagai pembina UKM traveling UTS bahwa pariwisata Sumbawa bukan hanya menjadi tugas Pemerintah semata tetapi juga peran Mahasiswa sangat dibutuhkan untuk terlibat langsung dalam mempromosikan potensi wisata Sumbawa melalui tulisa di blog, video youtube dan tulisan-tulisan tentang pariwisata di Website.

Potensi kepemudaan dan mahasiswa di Sumbawa menjadi penggerak sekaligus pelaku dalam ngenalkan, mengidentifikasi segala potensi kepariwisataan yang dimiliki oleh Sumbawa. Pemerintah juga mestinya peka dengan semangat voluntir komunitas pemuda dan mahasiswa tersebut yang telah mengambil peran dalam mengenalkan Sumbawa sebagai salah satu daerah tujuan wisata. (Anas)