Sekitar 5000 Warga KSB Akan Banjiri Festival Male Darussalam

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. yang di kemas dalam konsep festival Male KSB saat ini dalam proses persiapan. Kegiatan yang rencananya akan melibatkan peserta se-Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok ini, telah menambahkan kesibukan bagi seluruh kecamatan, kelurahan, SKPD, sekolah-sekolah, dan organisasi kemasyarakatan. Tampak di beberapa kelurahan sedang sibuk mengumpulkan berbagai pernak pernik kebutukan penyekan yang merupakan instrument utama dari festival male darussalam. Di temui media, Ariandi S.Pd salah seorang guru di SDN 09 Taliwang menjelaskan bahwa saat ini mereka mempersiapkan bangunan penyekan dengan berbagai hiasan di dalamnya. "Kami bersama guru-guru lainnya saat ini sedang membuat penyekan dengan bentuk miniatur Masjid Darussalam. Sementara hiasan berupa male, bunga, dan isinya nanti berupa jajan dan me minyak (nasi minyak) nant akan dipersiapkan oleh guru dan murid, ungkap Andi sapaan akrabnya.


Demikian pula kesibukan di kelurahan Kuang, kec. Taliwang. Lurah Kuang, Syaifullah S.STp menjelaskan bahwa, untuk persiapan ini kami sudah melaksanakan beberapa kali rapat dengan warga, untuk memastikan peran serta warga dalam kegiatan Festival Male tersebut. Alhamdulillah antusiasme warga kelurahan kuang luar biasa, terutama kaum ibu-ibu. Bahkan segala perangkat kebutuhan festival male untuk kelurahan Kuang sebagian besarnya adalah urun rembug warga, yang apabila kita uangkan mungkin mencapai belasan juta.InsyaAllah ada sekitar 280 warga dari kalangan toga,toma dan ibu-ibu darmawanita kel. Kuang akan ikut dalam barisan nanti. Dari persiapan yang ada ini kami optimis kelurahan kuang akan menang, tegas Epul. 

Sementara itu Kepala Dinas pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Sumbawa Barat, H.Taufiqurrahman menerangkan bahwa ada sekitar 100 kontingen yang akan memenuhi jalan yang ada di kota Taliwang. Diperkirakan nantinya ada 5.000 warga yang akan menyemut di alun-alun Kota Taliwang menuju kompleks Kemutar Telu Center. Peserta ini nantinya akan jalan dari masing-masing kantor dan Sekolah mereka dan bertemu di alun-alun Kota Taliwang dan untuk selanjutnya dilepas menuju KTC. Sementara peserta dari luar kecamatan Taliwang dan daerah-daerah lain dari luar KSB langsung menuju ke Alun alun Kota Taliwang. Untuk konfirmasi kehadiran dari luar KSB insyaAllah dari Kab. Sumbawa, Bima dan Kabupaten Dompu sudah ada konfirmasi kehadirannya. Dari gambaran peserta yang hadir, dapat dipastikan peringatan maulid dengan konsep festival male darussalam 2015 adalah peringatan maulid terbesar se-NTB, jelas aji Upik.

          
Hal lain yang disampaikan oleh aji upik bahwa, insyaAllah moment ini akan kita jadikan icon pariwisata KSB. Beberapa travel agent sudah kita undang untk dapat menyakasikan acara peringatan akbar ini. Hal penting lainnya adalah bahwa, inilah semangat yang kita harapkan. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan dan hadirnya rasa senang dalam kehidupan masyarakat adalah hal yang tidak ternilai, terang aji Upik. (ry)