PETUNJUK TEKNIS BAGESA

Bagesa dalam kebudayaan Sumbawa dulu diidentikkan dengan teater tradisional. Ada pula yang mengidentikkan Bagesa dengan Lawak. Kedua-duanya benar namun juga ada pula kurang benarnya. Mengapa pula dikatakan ada kurang benarnya? Sebab, Bagesa dalam terminologi bahasa Samawa diartikan sebagai sebuah kegiatan bergurau atau bercanda untuk menimbulkan kelucuan bagi yang mendengarnya, yang dilakukan oleh satu orang atau lebih. Namun, kami dari Kerukunan Masyarakat Seni Samawa ano Rawi (Kemas Samawi) Toke Pangeto lebih mengidentikkan Bagesa dengan istilah, Komedi.

UKM Traveling UTS dan PPMI NTB Ramaikan Pulau Kenawa

Dalam beberapa bulan terakhir rumput ilalang pulau kenawa terlihat menguning akibat musim kemarau. Walau demikian, kunjungan wisatawan ke Pulau Kenawa terus mengalami peningkatan. Terutama di akhir pekan, wisatawan pulau kenawa cukup ramai. Tidak hanya masyarakat lokal, tepi juga wisatawan yang datang dari luar Sumbawa.

Gua Mumber, Daya Tariknya Terpendam

Sumbawa Barat, potensi wisatanya tersimpan bagai mutiara terpendam. Selain pulau-pulau kecil, pantai dan rawa Lebo, Sumbawa Barat ternyata cukup banyak terdapat obyek wisata yang laik diketahui. Salah satunya adalah Gua Mumber yang terletak di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea. Potensi yang begitu kaya suatu saat akan menjadi sebuah tujuan wisata alternatif jika dikembangkan.