Air Terjun Penujan

Mungkin sudah banyak masyarakat yang tahu tentang keberadaan air terjun ini. Air Terjun Penujan berada di Kecamatan Brang Ene tepatnya di Desa Menemeng.  Pertimbangkan keputusan anda jika anda berniat Mengunjungi lokasi wisata ini di musim penghujan karena jalur yang dilalui untuk mencapai air terjun ini dalam kondisi licin dan berlumpur.

Dengan ketinggian hampir 10 meter air terjun ini akan terlihat indah andai saja saat itu debit airnya banyak. Namun karena daerah tangkapan air hujan yang berada dihulu sungai yang mengalir ke air terjun ini sudah jauh berkurang akibat penebangan liar membuat air yang mengalir di air terjun sangat sedikit bahkan cenderung merembes melalui sisi-sisi bebatuan.

Lokasi dapat dicapai dengan kendaraan roda 2 hingga ujung desa. Dilanjutkan dengan berjalan kaki di jalan setapak ± 90 menit, melintasi areal perkebunan kelapa milik warga setempat hingga menyusuri pinggiran sungai yang kanan kirinya berderet batu-batu besar yang terkadang menahan laju air sungai yang debitnya kian berkurang dari waktu ke waktu.

Lokasi ini dapat anda jadikan referensi jalur trekking yang cukup menantang karena medan yang akan anda lewati benar-benar akan menguji nyali anda. Jangan lupa persiapkan bekal makanan dan minuman karena lokasi ini cukup jauh dari pemukiman penduduk. Serta kan membawa kotak P3K anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga mengganggu kesenangan anda dalam mengeksplorasi alam pegunungan berhawa sejuk ini. Let’s check it out…..