Air Terjun Jereweh

Banyak sebutan untuk nama Air Terjun Jereweh antara lain Air terjun Semporon Tangkil, Kalela, Ai Koa dan Janup

Air Terjun Jereweh ini bentuknya sangat unik tidak seperti air terjun kebanyakan. Terjun airnya jatuh dari sebuah tebing batu yang berundak-undak dan berongga mirip gua. Di tebing tersebut tumbuh beberapa pohon yang menjulang tinggi dengan akar-akar panjang yang merambat di sekitar air terjun. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang airnya berwarna hijau. Perpaduan air terjun, tebing berongga, akar-akar pohon, dan kolam berair hijau menciptakan panorama alam yang mengagumkan.

Berjarak sekitar 18 km dari Kota Taliwang (ibukota Kabupaten Sumbawa Barat) atau 48 km Pelabuhan Poto Tano.

Untuk mencapai Air Terjun Jereweh ini, dari Pelabuhan Poto Tano arahkan kendaraan menuju Taliwang.  Selanjutnya dari Taliwang perjalanan diteruskan ke selatan menuju Kota Kecamatan Jereweh.   Dari Jereweh perjalanan diteruskan hingga ke lokasi air terjun berada.  Jarak dari Jereweh ini sekitar 3 km melewati area persawahan.  Kondisi jalan hingga Jereweh sudah beraspal bagus, akan tetapi selepas Jereweh masih berupa jalan tanah berbatu.

Setiba di tempat parkir kendaraan, perjalanan  diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 200 m hingga tiba di lokasi air terjun berada dengan menyusuri jalan stapak ke bagian atas bukit

Meski memang tidak mudah untuk mencapai ke lokasi air terjun ini, namun semua orang yang pergi ke lokasi air terjun ini sangat puas karena begitu sampai, pemandangan indah akan langsung terpampang di depan mata anda. Air Terjun Jereweh ini memiliki keunikan yang berbeda dengan air terjun lainnya, karena tebingnya berbentuk seperti batu berundak yang memiliki rongga seperti gua.

Apalagi di atas tebing terdapat sebuah pohon besar dengan akar-akar panjang yang menjuntai di sekitar air terjun ini, sehingga air terjun ini terlihat sangat hijau karena lumut. Air terjun ini juga memiliki sungai yang sangat unik, karena airnya yang berwarna biru kehijau-hijauan, dan sangat segar, apalagi jika cahaya matahari sedang menerobos dari celah-celah pohon, kilauannya semakin membuat pemandangan air terjun ini terlihat sangat indah.